Komponen pokok sebuah komputer

Hello everyone. I come back. Postingan saya kali ini  tidak share tentang aplikasi karena saya akan menjelaskan tentang komponen pokok sebuah komputer. Langsung saja ke topik bahasan.


7 komponen pojok dalam komputer :

1. Motherboard
Motherboard merupakaan papan sirkuit besar yang terbuat dari bahan plastik/fiber berlapis jalur tembaga yang mengandung banyak chip-chip dan komponen elektronika lainnya dengan susunan yang sangt rumit. Pada setiap jenis motherboard terdapat slot ekspansi sebagai tempat menancapnya card-card perantara untuk hunungan luar. Pada slot inilah terdapat jalur data (bus) yang menjadi jalan tol untuk berkomunikasi dengan peralatan lain. Walaupun mempunyai komponen yang mirip satu sama lain, setiap pabrik pembuat motherboard mempunyai cara tersendiri untuk tata letak komponen. Di dalam motherboard terdapat chip BIOS  (Basic Input Output System), beberapa slot memory-bank, soket CPU (Processor) dan beberapa konektor dan jumper. penempatan motherboard biasanya ditahan atau dibaut pada rangka kotak/casing unit PC bagian dalam.

2. Processor
Processsor merupakan jantung dari unit PC, karena semua proses perhitungan dan logika lainnya terpusat di sini. Terdapat berbagai jenis dan generasi processor, berkembang terus sejalan dengan perkembangan zaman. Ketika IBM PC pertama kali dikenalkan, kecepatan clock, kapastas memori dan penyimpanan masih sangat terbatas. Keadaan ini berubah saat munculnya IBM XT (komputer yang sudah menggunakan media hard disk). Lalu muncul PC sejenis yang merupakan tiruan atau clone dari IBM XT, selanjutnya populer dengan nama IBM_Compatibele. PC jenis ini yang smpai sekarang banyak kita gunakan. 

3. RAM (Random Access MemoryPengertian RAM menggambarkan tentang cara kerja chip tersebut yang dapat diakses secara acak (random), tidak tergantung dari urutan alamat lokasi memori yang ada. Data dan program bisa menetap dalam memori sampai ada instruksi penghapusan atau penindihan oleh program lain. Data yang tersimpan dalam memori bisa hilang jika sumber catu daya terputus (komputer mati), sehingga memori tergantung pada catu daya. RAM sangat cocok untuk wadah penempatan data sementara, baik yang akan maupun telah selesai diolah, sebelum data tersebut dikirim ke tempat lain. RAM juga berfungsi untuk memuat program-program yang sedang aktif.

4. Harddisk
Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan eksternal. Kemampuan penyimpanan data sampai puluhan ribu kali lebih banyak daripada floppy disk dan akses baca tulisnya lebih cepat. Teknologi penggerak hard disk hampir sama dengan penggerak disket (floppy disk drive), keduanya sama-sama menggunakan teknik perekaman data magnetis di atas permukaan oksida logam. Beroperasi menggunakan media berbentuk piringan yang diputar dengna kecepatan tertentu, penulisan dan pembacaan data dilakukan oleh head baca-tulis yang bergerak maju-mundur untuk menempatkan diri pada posisi track yang dikehendaki guna melakukan pembacaan atau penulisan pada sector tertentu.
5. VGA (Video Graphic Array)
VGA adalah video card yang dapat menampilkan 16 macam kombinasi warna (maksimal 64 warna).
VGA dibagi menjadi 3 tipe :
  • intel
  • ati (Amd Radeon)
  • nvidia
6. CD Room and Sound

7. Power Supply Unit (PSU)
Unit ini bertugas men-supply seluruh kebutuhan daya listrik yang dipakai komponen-komponen di dalam komputer. Prinsip kerjanya mengubah aliran listrik bolak-balik (AC) menjadi searah (DC) dengan tingkat tergangan yang tepat dan stabil, memasok aliran listrik DC ke seluruh rangkaian penyusun sistem komputer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Komponen pokok sebuah komputer"

Posting Komentar