Mengenal Processor Lebih Dekat

Hello everybody i come back. Malam yang cerah ini, saya akan share artikel tentang processor. Masih banyak diantara kita yang belum terlalu mengerti tentang processor saya pun juga baru belajar memahami tentang processor. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang. Maka ada baiknya kita berkenalan dulu dengan processor yang nantinya akan kita bahas. Processor adalah merupakan jantung dari unit PC, karena semua proses perhitungan dan logika lainnya terpusat di sini.

Jenis - jenis processor :

1. AMD
AMD merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bermarkas di Amerika Serikat tepatnya di Sunnyvale, California, Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation untuk pemasok global mikroprosesor yang berdasarkan arsitektur x86.

Jenis - jenis processor AMD
- Sempron
AMD Sempron adalah sebuah jajaran prosesor yang diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004, sebagai pengganti prosesor AMD Duron di pasar komputer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  • AMD Sempron Socket A
  • AMD Sempron Socket-754
- Duron
AMD Duron adalah sebuah keluarga prosesor versi murah dari keluarga AMD Athlon yang diperkenalkan pada bulan Juni 2000. AMD Duron  tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memliki kinerja processor hampir sama hanya beda 7%-10%  lebih tinggi AMD. Platform yang digunakannya adalah socket-A, sama seperti halnya AMD Athlon. 

- Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprocessor seri AMD K6.Prosessor ini merupakan aksi come-back AMD ke pasar industry mikro-processor high-end dan AMD ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industry mikroprocessor. Athlon memiliki beberapa kemampuan, seperti system bus berkecepatan 200Mhz, sembilan execution pipelines (tiga pipeline untuk kalkulasi alamat, tiga untuk kalkulasi integer dan tiga untuk kalkulasi floating point dan instruksi 3DNow! dan MMX).

 2. Intel
produk ini merupakan produk yang dihasilkan oleh perusahaan Intel Corporation yang didirikan pada tahun 1968 oleh Robert Noyce dan Gordon More yang bermarkas di amerika serikat, mereka mengawali kegiatan produksi mereka sebagai perusahaan yang bergerak di industri pengembangan semi-konduktor. lalu mendapat ide menciptakan processoro semenjak mereka dipercaya oleh sebuah perusahaan lain yang meminta untuk merancang otak pada kalkulator.

- Intel Celeron
Celeron adalah  mikroprosesor buatan Intel Corporation dengan arsitektur Pentium II, tetapi dengan sedikit pengurangan memori cache demi mempertahankan faktor ekonomis. Memori cache L2 Celeron hanya berukuran 128 KB, sementara Pentium II memiliki memori cache L2 sebesar 512 KB.

Kelebihan:
Celeron lebih murah
Celeron lebih dingin
Celeron lebih hemat listrik

Kekurangan:
Celeron lebih lambat dr Pentium/Core Series
Celeron fiturnya lebih sedikit dari Pentium/Core Series.

- Pentium
Pentium adalah generasi kelima dari arsitektur prosesor mikro x86 buatan Intel Corporation, yang desainnya dibuat oleh Vinod Dham. Pentium merupakan penerus dari jajaran prosesor 486, dan mulai dijual ke pasaran pertama kali pada tanggal 22 Maret 1993. Pentium merupakan prosesor pertama dari Intel yang menggunakan arsitektur superskalar, sehingga walaupun Pentium merupakan prosesor yang bersifat CISC, Pentium dapat bekerja seperti layaknya prosesor RISC, meskipun pada saat itu belum ada aplikasi yang mampu mengutilisasinya.

3. Kelebihan dan kekurangan Processor Intel
- Kelebihan 
  • Memiliki varian-varian dengan performa paling kencang, bahkan belum ada prosesor AMD yg bisa jd tandingannya pd range hrg >2jt (tepatnya AMD emg ga punya prosesor dgn hrg >2jt).
  • Banyak yang bilang sangat stabil dipakai keperluan aplikasi berat dan multi tasking
  • Range varian dan harga paling banyak
  • Rasio Clock/performance paling baik
  • Konsumsi daya kecil dengan performa tinggi
 -Kelemahan 
  • Harganya mahal
  • Banyaknya varian bisa bikin bingung
  • Varian tertinggi (Extreme Edition) mahal amit-amit
  • Harga satu platform (prosesor+mobo+RAM) yang tinggi.
4.  Kelebihan dan kekurangan Processor AMD
- Kelebihan
  • Harga murah, dengan performa seimbang
  • Varian lebih ditujukan ke arah ekonomis dengan price/performance ratio tertinggi yang bahkan melebihi price/performance Intel.
  • AMD panas? kata siapa? itu mah AMD d jaman dinosaurus masih hidup. Skrg,di sini uda banyak yang buktiin kl AMD Quad-core bahkan bisa lebih dingin drpd Intel Dual-core.
  • Varian tertinggi (Black Edition) dibandrol dgn hrg terjangkau, tanpa kehilangan muka d depan prosesor Intel dengan harga yang sama.
  • Harga platform (prosesor+mobo+RAM) lebih murah tanpa mengorbakan performa kseluruhan.
- Kekurangan
  • Konsumsi daya lebih tinggi drpd prosesor Intel dengan performa sama
  • RasioClock/performance yang lbh rendah drpd Intel (contohnya AMD Phenom II X4 955BE 3,2GHz baru bisa ngimbangin Intel Core 2 Quad Q9550 yg 2,8GHz, dan Phenom II 810 3,6GHz bisa diimbangin sm stock Core i5 750 2,6GHz)
Nih saya beri gambar proseccor intel dan AMD. See you in the next post.

 






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Processor Lebih Dekat"

Posting Komentar